Tips Sehat Mengolah Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh ibu-ibu rumah tangga. Karena daging yang satu ini bisa diolah dengan mudah menjadi berbagai macam makanan lezat, seperti ayam goreng, opor ayam, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Harganya pun juga cukup terjangkau untuk didapatkan. Bahkan mengonsumsi daging ayam juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena kandungan gizi di dalamnya.

Pengertian Daging Ayam

Daging ayam biasanya berasal dari jenis ayam pedaging, yang memang di ternak untuk tujuan diambil dagingnya saja. Namun ada juga yang berasal dari jenis ayam lainnya. Daging ayam bisa diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang, dikukus, atau bahkan diolah menjadi sajian berkuah.

Jenis-jenis Daging Ayam

Daging ayam yang banyak dijumpai di pasaran biasanya berasal dari jenis ayam ras (broiler & layer). Yang mana memang di ternak untuk diambil dagingnya saja. Namun sebenarnya daging ayam ada banyak jenisnya yang perlu Anda ketahui.

  • Ayam ras (broiler & layer).
  • Ayam pejantan.
  • Ayam kampung (buras).
  • Ayam organik.
  • Ayam probiotik & prebiotik.

Kandungan Gizi Daging Ayam

Dalam daging ayam terdapat banyak sekali kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan gizinya tersebut, antara lain ada vitamin B6, vitamin B3, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan zinc.

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Daging Ayam

Karena berbagai kandungan gizi yang terdapat pada daging ayam, tak heran jika mengonsumsinya sangat bagus bagi kesehatan. Dengan catatan dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Adapun manfaat kesehatan yang didapat dengan mengonsumsi daging ayam, antara lain:

1. Bagus untuk kesehatan jantung.

Protein pada daging ayam yang tinggi dengan lemak tak jenuhnya bisa mengurangi resiko penyakit jantung, seperti gagal jantung, jantung koroner, hingga strike iskemik.

2. Membantu menurunkan berat badan.

Daging ayam rendah akan kalori, namun tinggi dengan kandungan proteinnya. Sehingga daging ayam masih aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Sehingga meskipun sedang diet, Anda tidak perlu menghindari jenis makanan lezat seperti olahan dari daging ayam.

3. Membantu meningkatkan kekuatan tulang.

Protein diperlukan oleh tubuh untuk peran yang bermacam-macam. Salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan kekuatan tulang. Daging ayam mengandung banyak protein di dalamnya, sehingga bisa menjadi bahan makanan yang Anda konsumsi untuk kebutuhan protein dalam tubuh.

4. Bagus untuk menjaga sistem imun tubuh.

Saat terkena batuk, pilek, maupun masalah pernapasan lainnya, biasanya sup ayam menjadi menu makanan yang digunakan untuk membantu meredakannya. Hal ini ternyata tepat dilakukan karena sup ayam memiliki efek antiradang yang bisa membantu mengurangi gejala infeksi saluran ringan.

5. Meningkatkan jumlah hormon testosteron.

Hormon testosteron diketahui sebagai hormon reproduksi pada laki-laki yang sangat penting. Untuk meningkatkan jumlah hormon testosteron, cara termudah adalah dengan mengonsumsi daging ayam.

Untuk keperluan konsumsi daging ayam setiap harinya, sebaiknya menyetok lebih banyak untuk beberapa hari ke depan. Dengan cara ini biasanya juga bisa lebih menghemat pengeluaran. Karena biasanya membeli dalam jumlah banyak jauh lebih murah jika di rata-rata. Untuk kebutuhan daging ayam segar, Anda bisa berbelanja di TaniHub. Sebuah e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan pangan, seperti daging, buah, sayur, ikan, sembako, bahan bumbu, dan masih banyak lagi. TaniHub selalu ada promo menarik setiap minggunya, sehingga bisa Anda manfaatkan untuk belanja hemat berbagai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *